HINDU RELIGIOUS EDUCATION AND ITS ROLE IN MAINTAINING THE MENTAL HEALTH OF ADOLESCENTS

  • Adhihayu Arcci Maharddhika Ayurveda Vaidya Indonesia

Abstract

Masa remaja adalah masa yang unik dimana pada masa ini seorang individu mengalami perubahan baik perubahan fisik, psikis, maupun psikososial. Pada masa remaja seorang individu akan mengalami perkembangan mental juga fisik, perubahan sikap juga tingkah laku juga perubahan status dimana mereka sudah meninggalkan status anak-anak tetapi belum sah menerima status dewasa. Masa remaja disebut juga sebagai masa kritis dimana seorang individu ingin mengenal kehidupan juga dirinya lebih mendalam, yang dalam prosesnya tidak luput dari pengaruh negatif juga permasalahan yang sering terjadi dan mengakibatkan adanya gangguan pada kesehatan mentalnya. Pendidikan dan agama disebut sebagai faktor yang berpotensi sebagai penyebab juga pencegah terjadinya permasalahan kesehatan mental. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan pendidikan agama Hindu dalam menjaga kesehatan mental remaja.

Kata kunci: Pendidikan Agama Hindu, Kesehatan Mental, Remaja

Downloads

Download data is not yet available.

References

. S., Lata, M., Mondal, H., Kumar, M., Kapoor, R., & Gandhi, A. (n.d.). Effect of Practicing Meditation, Pranayama, and Yoga on the Mental Health of Female Undergraduate Medical Students: An Interventional Study. Cureus, 14(9), e28915. https://doi.org/10.7759/cureus.28915
6 Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja yang Perlu Diwaspadai. (n.d.). 6 Gangguan Kesehatan Mental pada Remaja yang Perlu Diwaspadai. Retrieved December 27, 2024, from https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gangguan-kesehatan-mental-pada-remaja
Adolescent health—SEARO. (n.d.). Retrieved December 11, 2024, from https://www.who.int/southeastasia/health-topics/adolescent-health
Adrian. (2025, January 21). Hasrat Bunuh Diri Lebih Rentan pada Remaja Laki-laki. https://www.ums.ac.id/berita/penelitian/hasrat-bunuh-diri-lebih-rentan-pada-remaja-laki-laki
Dahlia, S., & Haq, M. Z. (2024). Agama dan Kesehatan Mental Perspektif Hindu dan Islam. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.59029/int.v3i1.29
Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.235
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. Duta Media Publishing.
Health Care Providers’ Handbook on Hindu Patients—Section 2 Hindu beliefs affecting health care. (n.d.).
Jadhav*, D. R. C., Thakkarwad, D. R. L., & Thakare, D. S. A. (n.d.). THERAPEUTIC CONTRIBUTION OF PANCHAKARMA TOWARDS THE MANAGEMENT OF MENTAL ILLNESS. World Journal of Pharmaceutical and Medical Research, 2023(VOLUME 9, JULY ISSUE 7), Article VOLUME 9, JULY ISSUE 7. Retrieved December 11, 2024, from https://www.wjpmr.com/abstract/5114
Jagdale, Dr. S., & Dhurde, Dr. S. (2024). Dinacharya and stress management: A preventive approach. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, 13(5), 395–397. https://doi.org/10.22271/phyto.2024.v13.i5f.15102
Kessler, R. C., Berglund, P., Demler, O., Jin, R., Merikangas, K. R., & Walters, E. E. (2005). Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of DSM-IV disorders in the National Comorbidity Survey Replication. Archives of General Psychiatry, 62(6), 593–602. https://doi.org/10.1001/archpsyc.62.6.593
Mansyur, Y. A., & Salim, H. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), Article 001. https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5573
Nadia Ayu Putri & Burhanuddin Ridlwan. (2024). Kesehatan Mental Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Pemikiran Zakiah Daradjat. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(3), 99–107. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i3.1458
Narayan, R., Bhardwaj, B., & Bhardwaj, H. (2024). Role of Ahara-Vihara and Rasayana in prevention of disease and maintenance of health. Journal of Ayurveda and Integrated Medical Sciences, 9(5), Article 5. https://doi.org/10.21760/jaims.9.5.13
Nayak, K., & Verma, K. (2023). Yoga-Nidra as a mental health booster: A narrative review. Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, 14(6), 100842. https://doi.org/10.1016/j.jaim.2023.100842
Ni Made Muliani. (2022). PERANAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENGHADAPI DEGRADASI MORAL PESERTA DIDIK PADA PRA DAN MASA PANDEMI COVID-19. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 9(1), 31–44. https://doi.org/10.25078/gw.v9i1.12
Pattabhiram, B. V., & Deekshitulu, B. (2017). Mental health in Bhagavad Gita. International Journal of Neuroscience Research (IJNR), 1(5), 6.
Pradhan, A. (2023, August 4). Mental Health and Epics: Lessons from the Mahabharata and the Ramayana -. https://knowledgesteez.com/2023/08/mental-health-and-epics-lessons-from-the-mahabharata-and-the-ramayana/
Purwati, I. G. A. I. (2023, October 13). Mengatasi Stres dan Menguasai Pikiran: Ajaran Hindu untuk Kedamaian Batin – KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JEMBRANA. https://bali.kemenag.go.id/jembrana/berita/52304/mengatasi-stres-dan-menguasai-pikiran-ajaran-hindu-untuk-kedamaian-batin
Rao, R. V. (2018). Ayurveda and the science of aging. Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, 9(3), 225–232. https://doi.org/10.1016/j.jaim.2017.10.002
Rustianingsih, A. (2004). Kesehatan reproduksi remaja | Perpustakaan Komnas Perempuan. //perpustakaan.komnasperempuan.go.id%2Fweb%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D502
Soniya Seshan, Man Mohan Sharma, Nidhi Soni, & Suman Meena. (2024). A scientific evaluation of Mental Health through Ayurveda. Journal of Ayurveda and Integrated Medical Sciences, 9(2), 141–148. https://doi.org/10.21760/jaims.9.2.22
Suswati, W. S. E., Budiman, M. E. A., & Yuhbaba, Z. N. (2023). KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH URBAN DAN RURAL KABUPATEN JEMBER. 11(3).
Sutana, I. G. (2020). Pola Konsumsi Makanan Satwika Pada Bhakta Hare Krishna di Sri Sri Krishna Balarama Ashram Denpasar. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 3(2), 54–79. https://doi.org/10.33363/swjsa.v3i2.477
Talapatra, T., Ansari, M. T., Ghosh, S., & Ghosh, R. (2021). MANAS (MIND) AND MANOVIKARA (MENTAL DISORDER) IN AYURVEDA: A REVIEW. International Journal of Ayurveda and Pharma Research, 71–76. https://doi.org/10.47070/ijapr.v9i1.1773
Utami, K. B. P. (2024). Korelasi Antara Kesehatan Mental Dan Ajaran Dharma Dalam Agama Hindu. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 4(2), Article 2.
Wakde, S., & Belge, A. (2021). Role of Abhyanga in Manovikaras w.s.r. to Mental Disorders: A Review Article. Journal of Ayurveda and Integrated Medical Sciences, 6(5), Article 5. https://doi.org/10.21760/jaims.v6i5.1462
Published
2025-04-30
How to Cite
Maharddhika, A. (2025). HINDU RELIGIOUS EDUCATION AND ITS ROLE IN MAINTAINING THE MENTAL HEALTH OF ADOLESCENTS. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 16(1), 52-62. https://doi.org/10.33363/ba.v16i1.1448